12 istilah masa lampau

 

Beberapa istilah dibawah ini konon katanya adalah bekal untuk menempuh/menjalani kehidupan……..

1) PUBBE CA KATAPUNNATA (berkat pengalaman sejarah dari masa lalu)

Karena masa lalu kita mengetahui perbuatan yang baik dan buruk maka kita bisa mengerti mana yang layak atau tidak layak untuk dilakukan, sebab pengalaman telah membuktikan-nya, contoh nya seperti kalo tau letak mulut ada di bawah hidung kalo makan pake sendok jangan sendok nya diarahkan ke mata…… hehehehehehehe kaya’ lawakan srimulat aja

2) ATTASAMMAPANIDI CA (Menuntun Diri ke Arah yang Benar)

Karena sudah belajar dari sejarah, maka kita tidak perlu meneruskan lagi perbuatan – perbuatan yang salah, dan selalu terus berusaha berbuat yang baik dan benar….

3) BAHU SACCAN CA (Pengetahuan yang Luas)

Dengan memiliki pengatahuan yang luas, maka kita bisa bergaul dengan baik, kepada semua lingkungan kita tanpa menimbulkan kesalah pahaman

4) SIPPAN CA (Memiliki Keterampilan)

Dengan memiliki keterampilan, kita bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar, memudahkan kita untuk mendapatkan kehidupan yang kita anggap layak sesuai dengan kemampuan masing – masing yang tidak mengganggu atau merugikan orang lain…..

5) ANAKULA CA KAMMANTA (Bekerja Bebas Dari Pertentangan)

Menghidari pertentangan dalam pergaulan menciptakan suasana kondusif dan dapat berdiskusi dengan sehat untuk mencari solusi kebaikan untuk bersama….

6) DANAM CA (mengorbankan symbol kesenangan diri)

Arti sebenarnya sih berdana gitu hlo, cuman dari pada menulis berdana aku lebih suka menulis dengan mengorbankan symbol kesenangan diri samakan artinya hehehehehe,………………… Kalo sudah dapat hidup dengan senang atau bahagia ya lihat lah sekitar anda, lingkungan anda bagai mana apakah sudah senang dan bahagia juga atau belum… kalo belum ya brarti lingkungan anda tidak kondusif dong……. Masa’ anda senang sendiri sedang yang lain pada meringis kesakitan ?

7) DHAMMACARIYA CA (Hidup sesuai dengan kemampuan diri)

Bekerja dan berkarya sesuai dengan kemapuan diri, jangan terlalu dipaksakan hanya untuk meraih pujian orang lain, menjalani kehidupan dengan kemapuan dan kemauan diri pribadi dengan sesadar – sadarnya….

8 ) NATAKANANCA SANGAHO (Menolong lingkungan terdekat)

Lihatlah lingkungan disekitar anda dari yang terdekat (rumah/keluarga) jangan terlalu muluk untuk menolong orang lain, ketika lingkungan terdekat kita tertimpa masalah harus berusaha dari radius terkecil dahulu… jangan tiba – tiba lompat mau menolong orang lain dalam jumlah yang banyak dalam area yang luas….

9) ANAVAJJANI KAMMANI (berkarya dengan sungguh sehingga bisa menghasilkan karya yang layak diperuntukkan pada sesama)

Dengan berusaha bersungguh sungguh dalam bidang yang dipilih dan kemudian ditekuni, maka lambat laun hasil karya yang dihasilkan bisa benar – benar bermanfaat untuk orang lain…….

10) ARATI PAPA (Menjauhi Kejahatan)

Kalau mudah tergoda dengan kejahatan atau perbuatan yang merugikan orang lain ya jangan masuk pada lingkungan tersebut dong….. bisa bisa katut arus dan hanyut deh……..

11) VIRATI PAPA (Tidak Melakukan Kejahatan)

Berusaha secara terus – menerus tidak merugikan orang lain dan terus berupaya selalu berwaspada terhadap godaan yang membikin kita terlena…… katut arus kejahatan gitu hlo om dan tante sekalian hehehehehehehe

12) MAJJAPANA CA SANNAMO (Menghindari semua hal yang membuaikan/meninabobokan/membuat lupa ingatan)

Dan bila kita didalam lingkunan yang memiliki dorongan kuat untuk melenakan kewaspadaan kita, ya paling ga kesadaran fisik harus terjaga terdahulu gitu hlo… contoh sederhananya kalo dilingkungan jaga malam kalo kita tidur duluan ? ya nama nya ga ikutan jaga malam dong….. jadinya cuman pindah tidur alias ga ikutan acara jaga malam…..

Diambil dari petuah lama, yang kemudian diberikan salin arti kedalam istilah lebih baru agar kita tidak lupa bahwa sebenarnya banyak sekali peninggalan masa lalu yang mencerminkan sebuah kebijaksanan yang masih sangat relevan dalam kondisi sekarang…………………. salam


*smoga bermapaat……………………..🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s