filsafat Pacul

pada sebuah kesempatan ketika saya bertemu seorang sesepuh di daerah sekitaran malang pinggiran, beliau memberikan cerita yang berkesan….. begini ceritanya anak anak hehehehehehe……..
……………………………………

sesepuh : aku koq bingung ma orang orang itu ya nak…..
saya : knapa lagi mbah? ( maklum, setiap orang yang saya anggap tua dan layak langsung saya panggil mbah hehehehehe) 
sesepuh : hla piye… orang orang itu sukak nya yg muluk muluk, dikandani sing sederhana huangel men…….
saya : biasa mbah nek ga ngono ga merasa hibat lak aan…. kan iso e cuman iku maka wajar lah mbah hal itu terus yang di banggakan kwkwkwkwkwkwk…..
sesepuh : heheheheheh….
saya : jan jane perkawis nopo to mbah kalian tiang2 niku?
sesepuh : anu kemarin orang orang kan minta saran untuk mbuat logo paguyuban mocopat, trus ta kasih ide gambar pacul wae apik…..
saya : kwkwkwkwkwkwkwk….. yo jelas muring muring mbah…… ga gambar layah karo uleg uleg pisan ta hehehehehehe

sesepuh : husss….. pacul itu maknanya dalam hlo……
saya : halah … mosok……
sesepuh : coba dengerin deh, ta critani bab pacul…….
pacul itu depannya tajam (mata pacul)… maka orang itu harus bener bener mumpuni atau memeiliki keahlian sampai bener benar bisa diperhitungkan…. ibarat sisi tajam yang ada di mata pacul…..

sesepuh : kedua, pacul itu abis tajem kebelakanya tebel kan?
saya : ho-oh mbah……
sesepuh : nah itu lambang dari dasar pengetahuan… sebab sebuah dasar yang benar pasti bisa menciptakan pengetahuan yang benar dan hebat……
saya : oooooooo…..

sesepuh : trus… di tebel belakangnya itu kan ada lobang tau maksudnya ga?
saya : yaaaa jelas….. ga mbah….. nek aku weruh lak ga takon hehehehehehe…..
sesepuh : lobang di bagian tebelnya itu maksudnya adalah walu sudah merasa mumpuni dan diakui oleh orang banyak harus tetep membuka pikiran seperti lambang lobang tersebut…. sehingga bisa bisa terus berkembang……

sesepuh : kemudian dasar cangkul lewat lobangnya kan ada kayu yang nongol dikit itu namanya ….(untuk bagian yang ini saya lupa namanya apa hehehehehe) tau artinya itu?
saya : wah nek niku njih jelas malah blas… hihihihihihi
sesepuh : maksudnya ketika kita berpikir dan merasa bahwa hidup kita tau dari mana atau lewat mana kita berasal….
saya : wah nek lewat mana itu ga porno ta mbah?
sesepuh : bukan yang itu….. maksudnya bapak ibu, kakek nenek… dst… kalo bisa tau nama mereka, cerita yang pernah dialami dan pengalaman pengalaman lainnya maka akan sangat bermanfaat sekali…. dan dasar dari sebuah percaya diri sebenar adalah naluri ….
saya : mosok mbah ??????
sesepuh : hehehehehehe nek umurmu wes cukup lak ngerti dewe kwkwkwkwkwkwkwk

sesepuh : oiya yang terakhir…… pacul itu kan pegangan nya merunduk kedepan artinya apa hayo ?
saya : nek dadi orang, lama lama menua trus bungkuk hehehehehehe ngono ta mbah?
sesepuh : huehehehehehehe … ga lah…. maksudnya adalah bila dari tajam nya, tebelnya, lubangnya sampai dasarnya sudah paham maka harus bersikap andap asor…. jangan suka merebut kebanggaan orang lain, kebanggaan atas dirinya sendiri…..
saya : nek direbut nopo’o mbah?
sesepuh : banyak orang hidup mengandalkan kepercayaan diri yg semu… seperti orang bermimpi layaknya…. jelas kalo dibangunkan hehehehehehe… jelas nesu lah dikiro tenan tibak e jebul e cumam mimpi….. kadang malah saking sumpek e, nek milih mati ae opo ga malah dadi masalah hehehehehe
saya : oooooooo, njih mbah…..

…………………………………………….
semoga bermanpaat…… salam🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s