Tablet of Toth [Kunci Wisdom*1]

Kunci Wisdom*1

Aku, Thoth, orang Atlantis,
memberikan wisdom*1ku,
memberikan pengetahuanku,
memberikan kekuatanku.
Dengan cuma-cuma kuberikan kepada anak-anak manusia.
Agar mereka, juga, bisa mempunyai wisdom*1
untuk bersinar melewati dunia dari selubung malam.
Arti selubung malam adalah semua hal yang di akibatkan rasa ego

Wisdom*1 adalah kekuatan dan kekuatan adalah wisdom*1,
satu bersama yang satunya, menyempurnakan keseluruhannya.

Pada dasarnya sebuah alam pemikiran pasti terpancar lewat kelakuan/perbuatan sehari – hari, apabila benar konsepnya (hati atau niatnya) pasti benar pemikirannya (segala sesuatu yang berada di alam pikir) dan pastilah benar perbuatannya (pencerminan pemikiran lewat segala tidakan yang diambil)seperti teori telur ayam yang dicetuskan beliau  yang terhormat Mangkunegaran IV dalam serat Wedhatama nya

Janganlah kalian menjadi sombong, Oh manusia, dengan wisdom*1 itu.
Bicarakanlah dengan yang bodoh juga dengan yang bijak.
Jika salah satunya datang kepada kalian penuh dengan pengetahuan,
dengarkan dan perhatikanlah, karena wisdom*1 adalah segalanya.

Jangan lah terjebak sebuah ego diri yang menjadikan kita sombong (meski dengan alasan apa pun) karena itu akan menutup komunikasi kita dengan zat Yang Esa yang terwujud lewat manusia yang lain….. karena salah satu perwujutan Yang Maha Esa yang tampak adalah alam semesta beserta seluruh isi nya …. Ya Rab

Janganlah kalian diam jika kejahatan dibicarakan sebagai Kebenaran
seperti sinar matahari menerangi di atas segalanya.
Dia yang melangkahi Hukum harus dihukum,
karena hanya melalui Hukum datanglah kebebasan manusia.
Janganlah kalian takut karena ketakutan adalah keterkaitan,
sebuah belenggu yang mengikat kegelapan kepada manusia.

Kalimat pertama artinya benarkan lah yang salah dengan cara seperti matahari menyinari bumi ( tanpa pamrih, sabar, jalan kemulian tanpa kekerasan atau biasa diartikan sebuah diskusi sehat untuk mendapat hikmah dan memeberikan pencerahan)

Yang dimaksut hukum adalah hukum baku alam semesta….. karena apabila kita paham akan segala hukumnya akan terjadi harmonisasi/keselarasan semesta

ketakutan adalah perubahan bentuk ego kecintaan ……kankalo pingin bijaksana …. Semua ego harus dilepas…….

Ikutilah hati*6 kalian sewaktu kalian hidup.
Lakukanlah melebihi apa yang telah di perintahkan.
Saat kalian mendapati kekayaan,
ikutilah hati*6 kalian,
karena semua itu tidaklah berguna jika
hati*6 kalian resah.
Janganlah kau kurangi jangka waktu
kalian untuk mengikuti hati*6.
Itu*2 abhorred*3 jiwa.

Ikuti kata hati nurani yang paling dalam, karena penutupan hati nurani oleh ego manusia akan menimbulkan keresahan

Mereka yang diarahkan tidak akan tersesat, (di arah kan hati nurani)
tetapi mereka yang tersesat tak akan menemukan suatu jalan yang benar. (Kalo mengingkari hati nurani ya jadi gitu deh…….)

Jika hal itu berdampingan dengan manusia, biarkanlah untuk mereka saja*4,
Love*5, adalah awal dan akhir hati*6.

Love disini lebih luas …bias diartikan.. maafkan lah orang lain dan maafkan dirimu sendiri atas perbuatan yang kau sesali

Jika seseorang datang kepada kalian untuk berdiskusi,
biarkanlah dia bicara sebebas mungkin,
karena hal yang membuat dia
datang kepada kalian mungkin saja bisa terpakai.
Jika dia sungkan membuka hati*6 kepada kalian,
itu karena kalian, para hakim, telah berbuat salah.
Wes jelas kayak nya…….

Janganlah kalian ulangi pidato-pidato yang berlebihan,
jangan pula kau dengarkan.
karena itu adalah pembicaraan dari seseorang
yang tidak seimbang.
Janganlah kau bicarakan,
jadi dia*7 sebelum mereka mengerti wisdom*1.

Kebijaksanan pada dasarnya adalah pemahaman yang digunakan agar lawan bicara mengerti maksut arah pembicaraan…. Dipermudah…….. agar semua mengerti akan setiap maksut perkataan….. terus salah satu contohnya : lawan orang ga bisa basa prancis ngomong prancis mulu…… sampe berbusa ngomong ya percuma la wong sing diajak bicara ga’ tau maksut/arti nya……..

Diam adalah keberuntungan yang besar.
Bicara berlebihan tak menghasilkan apapun.
Janganlah kau memajukan diri diantara anak-anak manusia,
biarkanlah hal ini dibawa lebih rendah daripada debu.

Jangan suka bersombong sombong diri sebagai orang pandai…. Lebih baik diam agar tidak terjadi pertengkaran (tercipta keselarasan)….. terangkanlah dengan bahasa sehari2 yang mudah dipahami…… kurang lebihnya kaya ilmu padi gitu….. iki tablet mesir ta kitab jowo ya ini hehehehehehehehehehhehe…….

Silence is of great profit.
An abundance of speech profiteth nothing.
Exalt not thine heart above the children of men,
lest it be brought lower than the dust.*8
“Diam adalah keberuntungan yang besar.

Omongan yang berlebihan tidak menguntungkan apapun .Janganlah setelah mempunyai kebijakan bersombong diri diantara manusia, anggaplah diri kita lebih rendah daripada debu”……….. terjemahan om viba 

Jika kalian menjadi terkemuka diantara manusia,
bersyukurlah atas pengetahuan dan kebaikan.
Jika kalian mencari asal-usul seorang teman,
janganlah kau cari kehadirannya semata,
tetapi lewatilah suatu kurun waktu bersamanya.
Berdebatlah dengannya,
untuk menguji hatinya dari kata-katanya dan kelakuannya.
Wes jelaskan artine…….

Yang bersemayam di dalam ruang penyimpanan harus dikeluarkan,
dan hal-hal yang ada di dalam kalian harus dibagi dengan seorang teman.

Bagilah setiap pengetahuan dengan jalan seperti matahari…… kalo istilah kuno nya ditinggal ora keri nek digowo ora ketok, nek digelar ngebeg i jagat…. Terjemahan bebas…. Ditinggal tidak bisa kalo dibawa tidak keliatan, kalo diungkapkan/diceritakan/dibabar memenuhi seluruh dunia…. Maka jangan pelit terhadap ilmu, karena ilmu itu milik Tuhan kita cuman mengetahuinya saja

Pengetahuan dianggap oleh orang yang bodoh sebagai kebodohan,
dan hal-hal yang menguntungkan adalah menyakitkan baginya.
Dia hidup di kematian.
Maka itulah makanan baginya.

Hehehehehehehe……. Wes jelas keliatannya

Seorang bijak membiarkan hatinya menggelora
tetapi menjaga mulutnya untuk diam.
Oh manusia, catatlah*9 suara wisdom*1;
catatlah*9 suara cahaya.
Suara cahaya dimaksut disini adalah hati nurani/qolbu……..

Misteri-misteri ada di Kosmos*10
yang tidak terselubung memenuhi dunia dengan cahaya mereka. Karena semua itu adalah bentuk dari Yang Maha Esa
Biarkanlah dia yang bebas dari kaitan-kaitan kegelapan
moksa dari materi ke immateri*11,
api yang dari bumi*12;
biar kau tahu layaknya tanah turun ke tanah,
begitu juga api naik ke
api dan menjadi satu dengan api.*13
Dia yang tahu api yang ada di dalam
dirinya sendiri akan naik ke api abadi
dan tinggal di dalamnya untuk selamanya.

Yang hapal teori cakra/kundalini/meditasi kaya yang lebih tepat menerangakan….. kalo saya, ta jawab pake bahasa gado2 tambah mumet sing moco…….. monggo ahli2 meditasi menerangkan artinya…….

Api, api yang di dalam,
adalah yang paling kuat diantara semua daya,
karena itu melebihi hal lainnya dan
memasuki apa-apa yang ada di Bumi.
Man supports himself only on that which resists.
So Earth must resist man else he existeth not.*14

Ini mah sama kaya atas….. monggo ahli2 meditasi/cakra/kundaini memebabarkan nya………..

Seluruh mata tidak melihat dengan visi yang sama,
karena utuk seseorang sebuah benda tampak dengan
suatu bentuk dan warna

dan sama juga untuk mata orang lain yang berbeda. (persepsi sebuah pemikiran mempengaruhi bawah sadar kadang menjadikan ke tidak objektif-an apa yang dipandang)

Begitu juga api abadi,
berubah dari warna ke warna,
tidak pernah sama dari hari ke hari. (sama kaya ma yang diatas)

Untuk itu, aku bicara, Thoth, tentang wisdom*1ku,
karena manusia adalah api yang terang
menembus malam;
tak pernah padam di dalam selubung kegelapan,
tak pernah padam oleh selubung malam.

Monggo ahli2 kebatinan membabarkannya………..

Kedalam hati*6 manusia, aku melihat dengan wisdom*1ku
menemukan mereka tidak bebas dari keterkaitan perselisihan.
Bebaskanlah dari kesusahan, api kalian, Oh saudaraku,
biarkanlah itu*15 terkubur di dalam bayangan malam.

Yang dimaksutkan terkubur adalah ego manusia, sehingga api kebijaksanaan itu timbul dan terjaga pada sebuah kesadaran sempurna…… boso kuno ne mati sakjroning urip…..terjemahan bebas mati didalam hidup…. Mati disini adalah ego manusia nya……..

Dengarkanlah dengan cermat, Oh manusia, dan jadilah bagian wisdom*1 ini:
dimana nama dan bentuk berakhir?
Hanya di kesadaran, tembus pandang,
sebuah daya tak terhingga radiasi terang.
The forms that ye create by brightening
they vision are truly effects that follow thy cause.*16

wah iki sih teori ne empu pembuat keris yang berhak menerangakan……… monggo sing empu pembuat keris/ tosan aji…… monggo dibabar ilmune…..

Manusia adalah bintang yang terikat sebuah tubuh,
sampai akhir,
dia akan dibebaskan melalui usaha beratnya
Hanya dengan bersusah payah dan kerja keras mereka
bisa meraih bintang di dalam diri mereka
mekar di kehidupan baru.
Dia yang tahu asal mula semua yang ada,
bebaslah bintangnya dari alam malam.

Wes jelaskanmaksut e…… top markotp buat om viba yang bisa mentranslet nya…..

Ingat, Oh manusia, bila semua yang ada
hanyalah lain bentuk dari apa yang tidak ada.
Semua yang telah tercipta berubah menjadi yang lainnya lagi
dan dirimu juga bukanlah suatu terkecualian.

Om Made inJapan arti in dong………….

Berilah kepentingan kepada Hukum, karena semu adalah Hukum.
Janganla mencari hal yang tidak dari Hukum,
karena hal itu ada hanya di ilusi indera-indera.
Wisdom*1 datang kepada semua anak-anaknya
juga mereka datang menuju Wisdom*1.

Hukum yang dimaksut disini hukum baku semesta raya…………….

Melalui masa-masa,
cahaya telah disembunyikan.
Bangunlah, Oh manusia, dan jadilah bijak.

Buat om Made salah satu istilah yang saya tanyakan di thread yang diasuh om Made….. melalui masa masa cahaya yang disembunyikan….. boson e opo yo ben gampang dimengerti…….

Dalam di misteri-misteri kehidupan aku telah bertualang,
berusaha untuk menemukan dan mencari hal yang tersembunyi.
Wes jalaskan arti ne ……. Om Viba pancen top

Catatlah, Oh Manusia, dan jadilah bijak.
Jauh di bawah kerak bumi*17
di Halls of Amenti*18,
misteri-misteri yang disembunyikan dari manusia telah kulihat.

Misteri2 disini artinya hukum alam semesta……. Untuk yang kerak bumi ama halls of  amentt para ahli tulungin dong njelasinnya……….

Seringkali Aku menualangi jalan-jalan dalam tersembunyi,
melihat ke Cahaya yang adalah Kehidupan di antara manusia.
Disanadi bawah bunga-bunga Kehidupan dari awal sampai kini,
aku mencari hati-hati*19 dan rahasia-rahasia manusia.
Kuketahui bahwa manusia tak lain hanyalah hidup di kegelapan,
cahaya api raya tersembunyi di dalamnya.

Wah iki…… nek diartikan bisa jadi satu buku……. Monggo poro pinisepuh diartek aken……………

Dari Penguasa-penguasa Amenti*18 yang tersembunyi
telah aku pahami wisdom*1 yang ku berikan untuk para manusia.

Mereka adalah Guru-Guru Rahasia Wisdom*1,
terbawa dari masa depan akhirnya ketidak terbatasan.
Tujuh mereka, Penguasa-Penguasa Amenti*18,
mereka memerintah Children of Morning,
Suns of the cycles, Masters of Wisdom. *20
Children of Morning – manusia2 pembawa perubahan
Suns of the cycles – kurang lebih artinya matahari penerangan abadi
Masters of  Wisdom – orang2 suci

Terbentukkah mereka sebagai anak anak manusia?
TIGA, EMPAT,LIMADAN ENAM, TUJUH,
DELAPAN, SEMBILAN adalah gelar-gelar Guru-Guru manusia.
Kenterangan 3,4,5,6,7,8,9 ada dikalimat kalimat berikut nya….

Jauh dari masa depan*21, tidak mempunyai bentuk tetapi sedang membentuk
mereka datang sebagai guru-guru untuk anak-anak manusia.
Hidup mereka untuk selamanya, walaupun begitu tidak menjadi bagian mereka yang hidup,
tidak terikat oleh kehidupan dan walaupun begitu bebas dari kematian.

Kalo sudah baca yang dimaksut 3,4,5,6,7,8 ama 9 nantikanngerti apa yang dimaksut

Berkuasa selamanya mereka bersama wisdom*1 yang tak terhingga,
terikat walaupun begitu tidak terikat kepada Halls of Death*21 yang gelap.
mereka memiliki kehidupan di dalam mereka, walaupun begitu kehidupan yang bukan kehidupan,
bebas dari segalanya merekalah Penguasa-Penguasa SEGALANYA.

ape nulis opo yo???…. Binun aku….. wes dilanjut wae moco ne….. silahkan……

Dari merekalah datangnya Logos*23,
mereka adalah peralatan kekuatan segalanya.
Luas wujud mereka,
walaupun begitu tersembunyi di ke-kecil-an,
terbentuk dari sebuah pembentukan, diketahui walaupun begitu tidak diketahui.

Yang ahli kundalini/cakra/yoga/meditasi plus anatomi dapat menerangkan nya dengan jelas…………….. monggo dipun babar ilmu nipun

TIGA memegang kunci dari semua ilmu supranatural*24 tersembunyi,
dia adalah yang membuat halls of the Dead*22;
mengirim kedepan kekuatan, diselimuti kegelapan;
mengikat jiwa-jiwa anak-anak manusia,
mengirim kegelapan, mengikat daya jiwa;
sutradara hal negatif kepada anak-anak manusia.

tiga yang dimaksut adalah : pemikiran – perasaan – nafsu, otak – hati – kemaluan…….

EMPAT adalah dia yang “kehilangan” kekuatan.
Penguasa, dia, atas Kehidupan anak-anak manusia.
Cahaya adalah tubuhnya, kobaran api wujudnya;*25
pembebas jiwa-jiwa kepada anak-anak manusia.
4 elamen dominan manusia api-air-tanah-angin/udara

LIMAadalah sang guru, Penguasa semua ilmu supranatural*24
Kuncinya Kata yang menggema dan bergetar diantara manusia.

Penguasaan 4 elemen manusia ditambah unsure tengah (ether) sebagai manifestasi pengendali dari 4 element dasar……

ENAM adalah Penguasa Cahaya, jalan yang tersembunyi,
jalannya jiwa-jiwa anak-anak manusia.

Enam tahap menuju kehadiran ilahi gerbang menuju pencerahan sempurna

TUJUH adalah dia yang ialah Penguasa keluasan,
guru dari Ruang dan kuncinya Waktu.

Tahap ke 7 ke Esa-an ilahi … ya Rabiallamin….. (semesta dengan segala isinya)

DELAPAN adalah dia yang memerintah peningkatan,
menimbang dan menyeimbangi perjalanan manusia.

Pengetahuan akan segala system kehidupan…. Baik efek buruk dan baiknya yang harus dilalui

SEMBILAN adalah sang ayah, luas wujudnya,
membentuk dan berubah tetapi tak termasuk yang tidak memiliki bentuk.

Kesempurnaan Yang Esa yang tidak dapat disamai dan tidak dapat tergantikan

Bermeditasilah atas simbol-simbol yang aku berikan pada kalian.
Mereka adalah kunci-kunci, walaupun tersembunyi dari para manusia.

Sebuah ajaran suci mengenai semua yang tersirat dari yang tersurat

Capailah lebih ke atas lagi, Oh Soul of the morning*26. ( jiwa perubahan menuju penerangan)
Putarlah pikiran-pikiran kalian ke atas menuju Cahaya dan menuju Kehidupan.
Temukanlah kunci-kunci nomer-nomer yang ku bawa ke kalian,
cahaya di jalan dari hidup menuju hidup.

Kan kunci2 uda ada di atas……….

Carilah dengan wisdom*1.
Putarlah pikiran kalian kedalam.
Tidaklah pikiran kalian dekat dari bunga Kehidupan.
Kebijaksana-an melampaui ego keterikatan manusia atas semua kepemilikan atas diri dan sekitarnya

Tempatkanlah di badan kalian sebuah gambaran yang dibentuk oleh pikiran.
Pikiranlah tentang nomer-nomer yang mengarahkan kalian menuju Kehidupan.

Sebagai jalan mempermudah untuk kosentrasi penggunaan simbul penerapan dalam media kontak untuk tombol badan kita

Bersih adalah jalan untuk dia yang memiliki wisdom*1.
Bukalah pintu menuju Kerajaan Cahaya.

Melepas semua keterikatan menuju penerangan sempurna

Tuangkanlah api kalian seperti Matahari pagi.
Tutuplah kegelapan dan hiduplah di terang hari.

Bersinar disini memiliki arti menolong tanpa membedakan dan tanpa pamrih…. Bersabar dalam menerangkan segala sesuatunya kepada orang yang belum mengerti…

Bawalah mereka, Oh manusia! Sebagai bagian kalian,
sang TUJUH yang adalah tetapi bukanlah seperti apa yang terlihat.
Terbukalah, Oh manusia! Aku memiliki wisdom*1ku.
Ikutilah jalan seperti yang aku bimbing.

Tujuh tahap melalui tahapan 3-4-5-6-7 agar mengerti sebuah kebijakan semesta

Penguasa-penguasa Wisdom*1,
MATAHARI nya CAHAYA PAGI dan KEHIDUPAN

untuk anak-anak manusia.

Sebuah penerangan tanpa lelah dan penuh semangat agar semua berhasil melewati ego diri pribadi dan menciptakan kedamaian dan kesejahteraan semua umat manusia

===
*1 Pengetahuan ato/dan Kebijakan
*2 Kelakuan tidak “mendengar” hati
*3 Melecehkan/Merendahkan/Mematikan
*4 nek gak salah, Jika kesesatan berdampingan dengan manusia, janganlah kau mengikuti mereka
*5 nek gak salah, Love = Cinta Kasih atau Kasih Sayang. Bukan dalam arti, Love = Cinta, karena di dalam cinta masih ada unsur nafsu.
*6 nek gak salah, Hati Nurani/Rahsa Sejati. Bukan Hati biasa, karena di Hati biasa masih ada sugesti dan pikiran.
*7 kita > nek gak salah, “Jadi -kita- bisa menjadi lebih bijak daripada mereka”
*8 nek gak salah, “Diam adalah keberuntungan yang besar.
Omongan yang berlebihan tidak menguntungkan apapun .Janganlah setelah mempunyai kebijakan bersombong diri diantara manusia, anggaplah diri kita lebih rendah daripada debu”(seperti kelakuannya mas permenmolor  )
*9 bisa juga diartikan sebagai “menjadilah”
*10 Wikipedia : Kosmos, dalam pengertian yang paling umum, adalah suatu sistem yang teratur atau berada dalam harmoni.
Berasal dari kata bahasa Yunani κόσμος yang berarti “keteraturan, susunan yang teratur, hiasan”, kosmos merupakan konsep antitesis dari khaos.
Ilmu yang mempelajari kosmos disebut dengan kosmologi.
*11 apa ya bhs indonesianya?! pokoknya lawannya -materi- tapi bukan -anti materi-
*12 nek gak salah, ini terjemahannya bukan bumi tapi -tanah-
*13 nek gak salah, maknanya ya badan fisik balik ke tanah, roh balik ke Nur
*14    kalo gak salah artinya :
Manusia menunjang dirinya hanya atas hal-hal yang bisa bertahan.
Begitu juga bumi harus bertahan dari manusia jika tidak bumi tidak akan ada.
*15 kesusahan
*16  kalo gak salah artinya : Bentuk-bentuk yang kau ciptakan dengan menyinari
visi mereka benar-benar berpengaruh kepada hal yang mereka sebabkan.
*17 Penerjemah nulis : “earth crust” yg artinya mmg “kerak bumi”, tp MUNGKIN yg di maksud “Lapisan atas” bumi, yg artinya beda banget
*18 Halls of Men/Halls of Ma’ati/Halls of the Double Ma’at. Halls bisa diartikan ruangan besar/ruangan pertemuan.
Halls of Amanti ini mungkin bisa dibilang Akhirat
*19 Pluralnya hati : hati yg banyak, bukan dalam konteks “hati-hati ada udang dibalik batu”
*20 Anak-anak Pagi, Mataharinya Cycle(cari di kamus terus kasi tau sy ap bhs Indonesia-nya yaaa, sy nggak punya kamus  ), Guru-guru Wisdom
*21 Penerjemah nulis “future” yg artinya mmg “masa depan”, tp MUNGKIN d maksud “masa yang akan datang”, yg artinya beda banget
*22 Ruang-Ruang Kematian
*23 Prinsip Kosmos
*24 Magic kalo diterjemahin sebagai “Sihir” entar kesannya jelek
*25 Ini mungkin ada hubungannya dengan pertanyaan pancingan yg kurang lebih bunyinya:
“apa bedanya Api dan Cahaya? di perbedaan itulah terletak ***** ”
oleh seorang Sesepuh di tred Alif yg sy belum jg mengerti maknanya, yg bisa kasi sy bocoran , sangat dihargai
*26 Jiwa Pagi

Kalo ad yg salah ato ad yg punya info lbh lanjut mohon koreksi dan info2nya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s