Struktur

Banyak hal yang bisa menjadi rumusan bakudalam segala hal, termasuk dalam penyamaan persepsi secara umum atau bahasa keren-nya generalisasi gitu…. secara sederhana sebuah pola alam pemikiran semua orang akan mengikuti sebuah struktur atau aliran…. Sehingga bisa didapati sebuah pola pemikiran yang bertingkat yang saling berkait yang menciptakan sebuah rangkaian pola…. Seperti apa pola tersebut ?

Yang pertama adalah pola jati diri…..

Jati diri adalah sebuah hal yang melandasi dari keyakian atau kemantapan berpikir, pada umumnya terbentuk dari sebuah keyakinan diri terhadap sebuah hal yang dipercayainya…. Terkadang sebuah hal itu tidak mudah untuk dijelaskan akan tetapi si pelaku mempunyai sejarah panjang dan pengalaman yang mungkin ketika orang lain mendengarnya biasa saja, akan tetapi bagi si pelaku merupakan hal yang sangat luar biasa dan sangat berkesan sampai dasar hatinya atau bawah sadarnya….

Jati diri merupakan sebuah hal yang menjadi komponen dasar dari sebuah komponen tahapan pemikiran berikutnya, dalam bahasa bangunan biasa di sebut pondasi…

Beberapa hal yang mempengaruhi Jati diri adalah

  1. Lingkungan, baik keluarga atau pun pergaulan
  2. Pengalaman dalam kehidupan
  3. Pemahaman Spiritual

Yang kedua adalah pola pendidikan….

Pendidikan memegang peranan penting dalam pola pemikiran, sebab luas atau tidaknya dalam menimbang dan menganalisa akan sangat bergantung dengan pendidikan, baik pendidikan secara formal atau pun non formal sebagai contoh nya seperti ini setiap orang memasak pasti dipengaruhi disekitarnya tersedia bahan apa saja… atau orang berkreasi juga sangat dipengaruhi oleh disekitarnya tersedia bahan apa saja… oleh sebab itu semakin banyak memperoleh pendidikan akan semakin memperkaya khasanah bahan – bahan yang bisa diperoleh untuk meningkatkan kecerdasan.

Beberapa hal yang menjadi pola dalam pendidikan adalah…

  1. Medengar
  2. Membaca
  3. Mencari refrensi tambahan
  4. Menganalisa dan memahami
  5. Mengembangkan

Yang ketiga adalah pola kecerdasan…

Kecerdasan sangat tergantung pada bagaimana cara mensiasati timbunan memory dalam struktur otak kita, serta bagaimana cara kita menyampaikan pendapat kita sehingga bisa dimengerti dengan baik, oleh lawan bicara kita tanpa adanya suatu hal yang berkurang dari sebuah isi dari pokok pembicaraan tersebut….

Memang bagi sebagian orang sebuah kecerdasan kadang disebut bawaan, sebab dia mempunyai sejarah panjang terhadap lingkungannya yang secara dia sendiri tidak bisa menerangkannya, karena dia tidak bisa menerangkannya banyak orang mengatakan bahwa kecerdasannya itu bawaan dari lahir….

Beberapa hal yang mempengaruhi dalam pola kecerdasan…

  1. Pengenalan terhadap jati diri
  2. Pola pedidikan
  3. Tingkat kreatifitas
  4. Penguasaan terhadap pengindraan
  5. Penguasaan terhadap kesetabilan emosi

Jadi dalam struktur pola berpikir ditentukan oleh pengenalan jati diri, pola pendidikan, dan pola kecerdasan…. yang kemudian dijadikan sebuah acuan baku untuk menilai orang dari perbuatan dan tingkah lakunya…. salam

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s